Minggu, 27 Maret 2011

Pengen ke LN?sudah punya KTP Internasional kah?

Contoh paspor

KTP Internasional?apaan tuh?yap..anda benar..itu artinya adalah Paspor..dokumen yang menandakan bahwa kita adalah warga negara dari suatu negara tertentu..gimana sih cara bikinnya?

Beberapa minggu lalu w buat permohonan Paspor di Kantor Imigrasi(Kanim) Jakarta Selatan di jalan TB. Simatupang..tiba2 aja w jd pengen maen ke luar gara2 sekarang banyak tiket murah contohnya dr Air Asia, buat agustus n sept ke SG PP cuma 577rb..udh termasuk airport tax changi yg mahal gila,240rb.

Buat paspor sekarang gampang, apalagi semenjak bisa online..total w cuma ngeluarin 260ribu ..tapi disini w ga mau bahas persyaratan2 nya karena kalian bisa baca di http://www.imigrasi.go.id/

Tambahan aja buat kalian yg mahasiswa, walaupun udah diatas 17 tahun tetep harus bawa fotokopi plus surat izin dari orang tua..

Sekarang Kanim udah terintegrasi, jadi lu bs bikin paspor di kota yg ga sama dgn KTP lu..walaupun lu besar di Papua, tetep bisa bikin di Jaksel, bogor ,tangerang ato lainnya..

Secara Umum paspor bisa jadi dalam 7 hari kerja..dgn rincian

-Hari pertama: Nyerahin berkas yg udah lengkap dokumen

-Hari ketiga: pembayaran, foto plus sidik jari

-Hari ketujuh: paspor udah bisa diambil

Tips2 nya:

1. Prinsipnya sama kl mo berurusan ma birokrasi,dateng pagi pagi sekalian atau siang-siang sekalian,tp di Kanim paling telat jam 11 buat ambil nomor antrian..kalo bisa dtg jam setengah 8..trus langsung kumpulin berkas buat ambil antrian..

2.Ambil berkas dulu dan ga perlu langsung dikumpulin, yg penting dokumen udah lengkap..bawa ke rumah aj dulu..kl dah lengkap baru balik ke tips no. 1

3. Kalaupun udah lama2 nunggu antrian trus pas dipanggil ke loket dokumen yg kita bawa ada yang kurang, lobi aja petugas loket biar dokumen yg kurang itu bisa nyusul..co:ga bawa Kartu keluarga

4. semua dokumen fotokopian sebaiknya dikopi di fotokopi terdekat..karena tarif fotokopi di Kantor Imigrasi Jaksel itu Rp 500 per lembar..mahal kan?

5.Hari ketujuh atau hari pengambilan ga usah dtg pagi-pagi..krn cuma serahin bukti pembayaran dan paspor langsung dikasih..trus dikopi..kopiannya kasih ke loket 5..paspor nya lu bawa pulang deh!!

6. manfaatkan fasilitas SMS centernya imgrasi buat tau paspor lu dah siap diambil apa belum..soalnya belum tentu paspor lu jadi di hari ketujuh..kan males bgt dah capek2 ke Kanim taunya paspor lu blm dicetak gara2 pemohon paspor lagi penuh-penuhnya..apalagi tarif parkir disana 2 rebu..lumayan buat beli Super 2 batang..

7. Kalo bisa jangan buat di Jaksel deh..mending di Bogor atau Tangerang yg relatif lebih sepi..

Sementara ini dulu saran dr w..kl ada yang kurang bakal w tambahin di comment nya.

Kritik ,saran, dan pertanyaan  dibuka selebar-lebarnya.

Hayo bikin Paspor sekarang!!selagi ada waktu..

LET"S TRAVELLING ABROAD!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar