Senin, 28 Maret 2011

Confession

Confession? Pengakuan dosa?
Iya betul, ini adalah pengakuan dosa saya tentang foto. sebenarnya saya ingin membeberkan hal ini setelah saya posting BDT 4, namun karena respon dari temen2 , saya merasa terdesak untuk menulis hal ini

Seperti yang kita ketahui, bepergian atau travelling tanpa kamera dan foto2 ibaratnya sama dengan Pocong Ngesot, kehilangan substansi, pocong kok yo ngesot?pocong y loncat2 lah, malah jejaring kaskus terdapat slogan no pics=hoax, jadi kamera adalah peralatan yang wajib dibawa setelah pakaian..


Waktu ke Bali saya membawa 1 kamera poket hasil pinjaman dari kakak sepupu saya, semua momen penting dari berangkat, nyampe bali, keliling2, sampe balik lagi ke Bogor telah diabadikan dengan kamera tersebut, malah pas nyampe bogor sempet tuh foto diliat2 sama keluarga saya.

Seluruh file foto tersimpan di 4 tempat berbeda, sebagai backup, yg pertama di memori kamera itu sendiri, yang kedua di flashdisk temen saya yg ikut trip ini, sebut saja namanya E,yang ketiga di laptop ceweknya si E(dy copas dr flashdisk), dan yang ke empat ada di laptop kakak saya yang tinggal di Sesetan,Denpasar

File pertama yg di kamera otomatis hilang 2 hari stlh saya sampai di Bogor, krn sy harus mengembalikan kamera tsb dan kk spupu saya, sang pemberi pinjam, menyuruh saya untuk menghapus file2 foto sy sebelum dikembalikan.

Hampir satu tahun diantara kami tidak ada yang mengupload foto tersebut ke FB, hingga suatu hari, di kelas ada pengumpulan foto untuk buku kelas, disuruh kumpulin foto yang paling ok..saya fikir foto2 saya di bali yg layak untuk masuk buku kelas itu,saya pun sms si E untuk minta file, tapi sayang, flashdisknya hilang, hah, untung masih bisa ambil di kakak saya atau di cewekny si E, pikir saya waktu itu.

Hari pengumpulan foto makin dekat, saya dan E ke kosan ceweknya si E untuk mengambil file, gedar gedor dan di sms berapa kali tidak ada jawaban..saya pun balik ke kosan dengan rasa kesal..keesokan harinya, saya dpt sms dari E kalau ada sesuatu yang salah dengan laptop cewekny sehingga harus di format ulang..shit!!data foto otomatis ilang, dan cuman satu harapan w, yaitu file di kakak w..

Ada 2 cara alternatif, pertama file dimasukkan ke CD dan dikirim ke Bogor, tp kk sy yg sibuk tdk sempat melakukan hal itu..
cara ke 2 adalah kk sy mengupload ke FB satu per satu(iya,harus satu2, kk sy dgn rendah hati mengakui kl koneksiny lemot abis..)..akhirnya foto pertama pun diupload ke FB..hah, senangnya, tp ga cukup..hari itu dah malem, kt kk w lanjut besok y uploadnya..ok deh, kata w dalam hati.

saya ga terlalu nunggu kehadiran hari esok, biasa aja, tp kejadiaan naas terjadi, kk w sms bilang dy ga bisa ngupload lagi, karena kemalingan..hah, sy lgsg membalas dgn simpatik, dan simpati terhadap diri saya sendiri, kenangan trip ke Bali cuma bisa dibuktikan dengan satu foto..hah..bahkan hingga hari ini, sy belum benar2 ikhlas atas kehilangan foto2 ini..mudah2an hal ini ga terjadi di trip2 slanjutnya

Moral of The Story:
-Cepat upload foto kl bepergian, traveller skrg sudah mulai bw laptop kl jalan2, biar data ga ilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar