Senin, 04 Juli 2011

CouchSurfing JakartaSuburb's Gathering di Bogor

“Awas!!!Jangan sampe kesentuh!!hati2”

“Ayo terus2, lari terus sampe ujung”

Begitulah teriakan2 kami, anggota CouchSurfing (CS) Region Jakarta Suburbs(Bekasi,Bogor,Depok,dll) saat bermain galasin(petak 9) di Kebon Raya Bogor, 22 Mei 2011 silam pada acara gathering yang biasanya dilaksanakan secara rutin sebulan sekali oleh anggota CS Jakarta Suburbs,kebetulan, dua gathering terakhir dilaksakan di Bogor.(gathering sebelumnya di restoran Gili-Gili)

Mungkin ada yang penasaran, apa sih CouchSurfing itu?

Secara simple, CouchSurfing adalah salah satu komunitas traveler dunia, yang sebagian besar anggotanya menawarkan rumahnya untuk diinapi oleh traveler lain yang datang ke Negara atau kota nya. Misalnya, ada traveler dari Jerman yang lagi travelling di Indo dan kebetulan dia ke kota Bandung, nah, dia bisa “menumpang” nginap di rumah salah satu anggota CS Bandung..dan begitu juga kalo kita mau traveling ke kota atau Negara lain, kita bisa memanfaatkan JARINGAN SILATURAHMI ini, selain menghemat biaya penginapan, nginap di rumah orang lokal lebih menyenangkan bagi traveler, karena mereka bisa live like a local people.
Oh iya, kalo emang rumah kita gabisa diinepin, kita juga bisa kok cuma nemenin si traveler keliling2 kota kita, atau sekedar ajak ngopi2 di warkop deket rumah kita, kebanyakan sih traveler yg saya maksud tuh yg dr luar negeri. Selengkapnya tentang CS, silakan tanya mbah gugel ya atau langsung sign up aja di Couchsurfing.org

Balik lagi ke gathering ,
Gathering2 kayak ginian nih biasanya di post di grup, nah, disitu ditetapin tuh kumpul dimana, siapa aj yg bakal ikut, dsb. Akhirnya disepakati gatheringnya di Kebon Raya Bogor tanggal 22 mei jam 10 pagi..
Pas hari H, ga susah kopdar ma mereka(secara ini tuh gathering pertama gue), waktu masuk ke pintu utama KRB, sekitar tujuh orang lg duduk2, salah satunya cewek bule bawa ransel gede, dengan yakin langsung aja gue samperin, “ini CS ya?”, “oh iya bener”, langsung salam2an deh, yang anehnya si Bule yg trnyata dari Jerman itu yang berdiri trus salamin gue duluan, “ga Jerman banget”, pikir gue waktu itu.

Nggak lama setelah gue dateng itu, kita semua masuk KRB dengan bayar Rp 9.500 perak, ternyata beberapa anggota CS yang lain udah ada di dalam KRB jadi awal2 udah ada sekitar 12 orang lah, termasuk satu bule lain dari Belande, Paul namanya. Beberapa orang lainnya dateng agak telat, karena ada urusanny masing2.

Setelah jalan rame2 nyari spot yang enak, tiker dan koran2 pun digelar, beberapa macem jenis makananpun di hidangkan, ada yang bawa Rujak, Roti Unyil, mie goring, Qtella, n lain2..

Biasalah pertama2 kita pada kenalan, bukan gue doang yang pertama kali ikut gathering, malah ‘anak baru’ sepertinya lebih banyak daripada veteran..n ternyata lagi,gue paling muda di grup ini..asyik juga, bisa belajar banyak dari senior2, ntah dari segi backpackingnya lah, cara nulis yg bener, n cara moto2 juga.
Abis perkenalan, anggota saling mengakrabkan diri, gue nyamperin Paul, nanya2 tentang Belande, pengen banget gue ntar ngambil master disana n dapetin beasiswa StuNed(Studieren in Nederland), si Paul nyaranin gue kuliah di Utrecht, karena merupakan jantung kota Belanda, jadi mau kemana2 gampang, n Utrecht University konon adalah yang terbaik di negeri kincir angin.

Nah, pas gue ngobrol2 ma Paul, ujug2 ada orang ikut2 nimbrung, pengen kuliah di Belande juga dia ternyata, trus di ngasih tau gue, “StuNed kan cuma bisa di apply oleh pegawai instansi tertentu” dan selanjutnya percakapan kayak gini:
gue : “iya gue udah tau, emang lu instansi mana?”
dia : “Kementerian Keuangan” (Kementrian Keuangan termasuk salahsatu instansi yg berhak apply StuNed)
gue: “lah, sama, tapi gue calon sih”
dia: “kuliah dimana lu?” (pertanyaan ini agak retoris kl menurut gue)
gue: “ST*N”
dia: “Yaelah, adek kelas gue lo”
Ternyata dia senior lima taun diatas gue, abis itu gue malah nodong banyak pertanyaan ke dia, sebut saja namanya Zen, norak juga sih coz jarang2 gue nemu traveler di/dari kampus gue, sekalinya ketemu, eh udah alumni, yaudah gue tanya2 deh cara2 manfaatin cuti buat traveling, dapet izin dr atasan, dll tentang traveling bagi orang2 di lingkungan Kementrian Keuangan.

After the break, masuklah pada salah satu bagian penting dlm gathering ini, yaitu maen GALASIN, kami dibagi 4 tim,.masing2 tim sekitar 5-6 orang..si Paul sempet bingung, tp pas dia udah ‘nangkep’ caranya, malah jagoan dia, terutama pas timnya lagi defense, tim lawan sulit ngelewatin karena tangan Paul yang panjang..

Udah capek maen galasin, sekitar jam setengah dua siang, kita narsis2an foto2 di batang pohon yang sangat besar yang tergeletak di atas tanah..
Abis foto2, karena langit bogor waktu itu sangat gelap, pdahal masih sekitar jam 2an, rombongan memutuskan untuk pindah tempat, yaitu karaokean di Botani Square, sayangnya gue harus pamit ke rombongan karena ingin menghadiri resepsi pernikahan my bestfriend di daerah Ciomas.

Hari yang menyenangkan..banyak yang bisa gue petik dari hari itu..
Mudah2an next gathering bisa ikut full..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar